Rabu, 06 Maret 2013

Jalur Pendakian Gunung Merapi Via Selo



Jalur pendakian Gunung Merapi Via Selo

     Salam sahabat alam, di sini saya akan berbagi tentang jalur pendakian Gunung Merapi via Selo Boyolali Jawa Tengah. Kenapa saya memilih jalur ini karena menurut saya jalur ini sangat matab.
Sebenarnya dulu sangat banyak jalur yang digunakan selain jalur selo seperti jalur via Ndeles Klaten, Babadan Magelang, Kaliurang Yogyakarta dan Kinahrejo dekat tempat tinggal Alm.Mbah Maridjan tetapi semua jalur itu sekarang sangat tidak mudah dilalui karena erupsi-erupsi yang sering terjadi ketika Gunung sedang beraktifitas tinggi.

   Jalur Selo adalah jalur yang sering dipakai pendaki untuk mendaki di gunung merapi. Karena jalur ini pendek dan lebih aman. Untuk mencapai desa selo dari muntilan dapat ditempuh dengan waktu 1 jam dengan menggunakan bus jurusan boyolali. selanjutnya dari selo menuju basecamp dapat di tempuh dengan waktu 30 menit. basecamp berada di desa plalangan, desa lencoh, kecamatan selo, kabupaten boyolali. perjalanan dari plalangan menuju pondok pendaki ditempuh selama 15 menit, melalui jalan aspal.

Pondok Pendaki - Pos 1
    Dari pondok pendakian kita menghabiskan jalan aspal sampai Gadu pandang New Selo dan selanjutnya kita akan menuju pos1 dengan melalui jalan setapak dapat ditempuh dengan waktu 35 menit, melalui perkebunan tembakau dan kol untuk kemudian memasuki hutan pinus.Mendekati Pos 1 kita akan melewati batu - batu besar yang sebelumnya kita akan melewati Gapura pendakian.

Pos 1 - Pos 2
   Dengan waktu tempuh 1 jam, dengan medan bebatuan yang terjal, dengan angin yang kencang. Dari pos 2 kita dapat menikmati pemandangan kota boyolali.

Pos 2 - Watu Gajah
   Dengan waktu tempuh 15 menit, dengan medan bebatuan. Disebut dengan watu gajah karena, batu besar menyerupai bentuk gajah.

Watu Gajah - Pasar Bubrah
   Dari watu gajah kepasar bubrah waktu tempuh 15 menit, dengan jalur yang datar dan berbatu. Dipasar bubrah biasanya dibuat tempat camp para pendaki sebelum mencapai puncak. biasanya para pendaki naek ke puncak pada waktu dini akhir, untuk dapat melihat matahari terbit dari puncak merapi.

Pasar Bubrah - Puncak

   Dari Pasar bubrah kita bisa langsung memanjat atau istirahat sebentar, ditempuh dengan waktu kurang-lebih 1 jam, dengan medan yang menanjak dan berbatu. Di jalur ini diharuskan pendaki pintar memilih batu yang digunakan pijakan, kalau salah pijakan, batu tersebut bisa longsor karena masih labil.

Dan Selamat anda sekarang sampai puncak silahkan sepuasnya nikmati hasilnya mau ngapain aja terserah tetapi anda harus ekstra hati-hati karena tidak ada tempat yang lapang apalagi buat mendirikan tenda buat jalan aja anda harus saling mengalah ketika berpapasan.
Oke..mungkin hanya itu dulu sedikit coretan saya, Selamat berpetualang ria dan salam sahabat alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar